Kemeriahan Pekan Kebudayaan Daerah Kalimantan Timur Tahun 2024

Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Provinsi Kalimantan Timur tahun 2024 ditutup dengan semarak di Halaman Museum Mulawarman, dihadiri oleh berbagai pejabat termasuk Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Dra. Sri Wahyuni, M.P.P, Kadisdikbud Prov. Kaltim, dan pejabat lainnya. Selain itu, perwakilan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan berbagai tokoh masyarakat serta budayawan turut memeriahkan acara ini pada tanggal 6 Juli.
Malam Puncak PKD yang mengusung tema "Ibukota dengan Rona Pilar Budaya" menampilkan berbagai acara seperti Festival Musik Tradisi Kalimantan Timur, Lomba Tari Kreasi Daerah, Dialog Pemajuan Kebudayaan, Pertunjukan Tari, Lagu-lagu daerah, alat musik tradisional, Lomba Exhibition Permainan Rakyat, Nonton Bareng Film Dokumenter, Pameran Gelar Seni Siswa Siswi SMA Kurikulum Dual Track, Pemilihan Duta Budaya Kalimantan Timur tahun 2024, dan Pemberian Anugerah Kebudayaan Kalimantan Timur.

Kadisdikbud Muhammad Kurniawan, SE., Ak., MM melaporkan bahwa PKD tahun 2024 didukung oleh Dinas Kab/Kota yang membidangi kebudayaan dari 10 Kab/Kota, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIV, Kantor Bahasa Prov. Kaltim, UPTD Museum Mulawarman, Perupa Kalimantan Timur, dan Satuan Pendidikan jenjang SMA/SMK Kabupaten Kukar. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Dra. Sri Wahyuni, M.P.P menyampaikan kabar baik bahwa seniman di Kalimantan Timur yang ingin melanjutkan pendidikan di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim akan diberikan beasiswa penuh untuk jenjang S1.

Penutupan Malam Puncak PKD tahun 2024 ditandai dengan penyerahan penghargaan oleh Sekda Prov. Kaltim, didampingi Kadisdikbud Prov. Kaltim, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kukar, serta perwakilan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Penghargaan diberikan kepada penerima Anugerah Kebudayaan Kalimantan Timur, Kanda Dinda Duta Budaya terpilih tahun 2024 yaitu Kanda Adji Valentino Ramadhana dan Dinda Dea Natasya dari Kutai Kartanegara, serta pemenang lomba penulisan cerita rakyat, festival musik tradisi, lomba tari kreasi, dan lomba melukis. Sekda Prov. Kaltim berharap agar pegiat seni, tanpa batasan usia, bisa mendaftar di ISBI dengan kuota beasiswa sebanyak 125 orang untuk warga Kaltim, yang pendaftarannya dibuka di Kantor UPTD Museum Mulawarman dari tanggal 7 Juli hingga Agustus.

(sumber :https://web.disdikbud.kaltimprov.go.id/berita/detail/perhelatan-pekan-kebudayaan-daerah-tahun-2024-digelar-meriah-Y86u7 )

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard