Penanaman Pohon oleh Santri Pesantren Hidayatullah dan Siswa SMK 1 Samboja

Berlokasi di Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, kembali melakukan aksi penanaman pohon bersama siswa-siswi SMK pada Sabtu (30/08/2024).

"Setiap pohon yang tumbuh menghasilkan daun, dan daun tersebut menghasilkan oksigen yang dihirup oleh banyak orang, sehingga menjadi pahala bagi yang menanamnya," kata Akmal.


Ia juga menyampaikan bahwa saat ini terdapat 168 area lahan kritis yang memerlukan perhatian. Penjabat Gubernur berencana untuk menetapkan Peraturan Gubernur yang mewajibkan setiap siswa SMA/SMK bertanggung jawab atas penanaman satu pohon.


"Setiap siswa akan menanam pohon saat mulai sekolah dan merawatnya hingga lulus. Dengan cara ini, kita menanamkan rasa memiliki. Jangan berharap menjadi orang besar jika hal-hal kecil saja tidak bisa dijaga," tegasnya.


Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur, Joko Istanto, menambahkan bahwa jenis tanaman yang ditanam memiliki manfaat baik dari sisi ekonomi maupun ekologi.


"Selaras dengan program Pj Gubernur tahun ini, kami akan melaksanakan gerakan penanaman pohon yang melibatkan seluruh siswa di Kalimantan Timur, termasuk para santri, sebagai bentuk edukasi lingkungan. Penanaman ini juga bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan penyerapan karbon di Kalimantan Timur," jelas Joko.


Ia menyebutkan bahwa penanaman pohon dilakukan di lahan seluas 12 hektar, yang terdiri dari 6 hektar di Yayasan Bardatillah dan 6 hektar di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah. Terdapat 300 pohon yang ditanam, termasuk pohon aren ganjah, durian, kelengkeng, alpukat, petai, sukun, dan jengkol.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, Irhamsyah, turut mendukung kegiatan ini sebagai upaya menghijaukan lingkungan. Ia juga mengajak 100 siswa SMK Negeri 1 Samboja untuk berpartisipasi langsung dalam penanaman bibit pohon tersebut.


Acara ini juga dihadiri oleh Pimpinan Ponpes Hidayatullah Gunung Tembak Balikpapan Timur, K.H. Hamzah Akbar, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kaltim Joko Istanto, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kaltim Irhamsyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Anwar Sanusi, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur Bambang Arwanto, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Siti Farisyah Yana, serta Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Balikpapan dan KPHP Bongan.

(Sumber:https://web.disdikbud.kaltimprov.go.id/berita/detail/pj-gubernur-kaltim-tanam-pohon-bersama-santri-pondok-pesantren-hidayatullah-dan-smk-1-samboja-vT1tD)

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard